Skip to content

MANUSIA DAN KEADILAN

October 14, 2012

KEADILAN DAN CONTOH KASUSNYA DI INDONESIA

Image

            Keadilan menurut kamus besar bahasa Indonesia ,keadilan berarti  (sifat perbuatan, perlakuan) yang adil. Keadilan berarti perilaku atau perbuatan yang dalam pelaksanaannya nmemberikan kepada pihak lain sesuatu yang semestinya harus diterima oleh pihak lain. Menurut saya, keadilan sendiri adalah sesuatu hal atau hak yang memang harus diberikan kepada antar sesama yang berhak.

Macam-macam keadilan :

  1. Keadilan Komutatif (justitia Commutativa) yaitu keadilan yang memberikan kepada masing-masing orang apa yang menjadi bagiannya berdasarkan hak seseorang  (diutamakan objek tertentu yang merupakan hak seseorang).

Contoh :

Adil kalau si A harus membayar sejumlah uang kepada si B sejumlah uang yang mereka sepakati, sebab si A telah menerima  barang yang ia pesan dari si B.

Setiap orang memiliki hidup. Hidup adalah milik setiap orang, maka menghilangkan hidup orang lain adalah perbuatan melanggar hak dan tidak adil.

    2. Keadilan Distributif(Justitia distributiva) yaitu keadilan yang memberikan kepada masing-masing orang apa yang menjadi haknya berdasarkan asas proporsionalitas atau kesebandingan berdasarkan kecakapan, jasa atau kebutuhan.

Contoh :

Adil kalau si A mendapatkan promosi untuk menduduki jabatan tertentu sesuai dengan kinerjanya selama ini. Tidak adil kalau seorang pejabat tinggi yang seorang koruptor memperoleh penghargaan dari presiden.

    3. Keadilan Legal (Justitia Legalis) yaitu keadilan berdasarkan undang-undang (obyeknya tata masyarakat )yang dilindungi UU untuk kebaikan bersama (bonum commune).

Contoh :

Adil kalau semua pengendara mentaati rambu-rambu lalu lintas. Adil bila poslisi lalu lintas menertibkan semua pengguna jalan sesuai UU yang berlaku.

      4. Keadilan Vindikatif (Justitia Vindicativa) adalah keadilan yang memberikan kepada masing-masing orang  hukuman atau denda sesuai dengan pelanggaran atau kejahatannya.

Contoh :

Adil kalau si A dihukum di nusakambangan karena kasus kejahatan korupsinya sangat besar.

Tidak adil kalau koruptor hukumannya ringan sementara pencuri 3 buah cacao dihukum berat.

      5. Keadilan kreatif (Justitia creativa) adalah keadilan yang memberikan kepada masing-masing orang bagiannyaberupa kebebasan untuk mencipta sesuai dengan kreatifitas yang dimilikinya di berbagai bidang kehidupan.

Contoh :

Adil kalau seorang penyair diberikan kebebasan untuk menulis, bersyair sesuai dengan kreatifitasnya.

Tidak adil kalau seorang penyair ditangkap aparat hanya karena syairnya berisi keritikan terhadap pemerintah.

       6. Keadilan Protektif (Justitia Protectiva) adalah keadilan yang memberikan perlindungan kepada pribadi – pribadi dari tindakan sewenang-wenang pihak lain.

       7. Keadilan Sosial menurut Franz Magniz Suseno, keadilan sosial adalah keadilan yang pelaksanaannya tergantung dari struktur proses ekonomi, politik, sosial, budaya dan ideologis dalam masyarakat. Maka struktur sosial adalah hal pokok dalam mewujudkan keadilan sosial.

            Seperti halnya di Indonesia, arti keadilan itu sendiri tidak lagi benar-benar diartikan sebagai  keadilan yang sesungguhnya. Setiap manusia sudah memiliki pengertian keadilan yang tidak sebenarnya. Sebagian pihak menuntut keadilan itu benar adanya. Tapi sebagian pihak lagi menganggap keadilan itu hanya sebuah kata, yang samasekali tidak benar adanya.

             Image

            Sebagai contoh yang telah terjadi di Indonesia, keadilan yang hanya kata semata yaitu seorang nenek yang tinggal di Banyumas yang divonis kurungan penjara selama 1 bulan 15 hari hanya karena mencuri tiga buah cacao atau coklat. Dia dilaporkan oleh si pemilik perkebunan cacao tersebut kepada pihak yang berwajib. Sedangkan kita ketahui mungkin harga cacao tidak seberapa, dibandingkan dengan hukuman yang  si nenek terima. Dibandingkan, dengan para koruptor yang jelas-jelas telah mengambil uang rakyat tetapi hukuman yang mereka terima tidak setimpal dengan apa yang para koruptor perbuat.  

            Hukum di indonesia ini belum terlaksana dengan baik. Dengan contoh diatas saja sudah bisa terlihat. Para terdakwa korupsi miliaran rupiah yang jelas jelas mengambil uang rakyat mungkin bisa dan kerap mendapatkan hak-hak istimewa saat mereka menjalani proses hukum, bahkan mendapatkan fasilitas penjara layaknya hotel ,contohnya pada kasus Artalita Suryani.

            Apakah yang seperti ini telah menunjukan keadilan ?. Hukum seharusnya buta, tidak pandang buluh. Seperti disimbolkan Patung Dewi Keadilan (lady of justice). Dan satu lagi, menurut saya sebenarnya hukum keadilan di Indonesia tidak salah, yang salah dan harus dibenahi adalah orang-orang yang menegakan hukum itu sendiri.

 

 

Referensi : 

http://blogradiansyah.blogspot.com/2012/05/macam-macam-keadilan.html

http://news.detik.com/read/2009/11/19/152435/1244955/10/mencuri-3-buah-kakao-nenek-minah-dihukum-1-bulan-15-hari

 

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: